Pengertian tanah: jenis, nama, ciri, sumber daya

definisi daratan
Baca cepat Buka

Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tetap dan tidak terhalang oleh air laut. Definisi lain dari tanah adalah tempat lingkungan bagi sebagian besar kehidupan. Kata negara lebih umum digunakan dalam lingkungan umum, sedangkan kata negara lebih umum digunakan untuk deskripsi geografis. Bumi memiliki belahan bumi berlapis dengan permukaan yang tidak rata. Perbandingan ukuran permukaan bumi didasarkan pada daya tarik energi endogen yaitu energi yang berasal dari dalam bumi dan energi eksogen yaitu energi yang berasal dari luar bumi.

Pengertian-tanah-jenis-nama-ciri-sumber-daya
Jenis tanah

Berikut adalah 8 jenis tanah yaitu sebagai berikut:

dataran

Dataran tinggi adalah bentang alam di permukaan bumi yang berada ± 500 m di atas permukaan laut. Dataran tinggi dipengaruhi oleh reaksi erosi dan sedimentasi. Erosi adalah terjadinya pengikisan benda padat oleh pergerakan angin, air, es, hujan dan oleh gravitasi serta oleh aksi makhluk hidup. Sedangkan sedimentasi adalah suatu bentuk sedimentasi material yang bergerak dalam suatu depresi oleh hubungan angin, air, es atau gletser. Dataran tinggi umumnya memiliki suhu yang sejuk dan tanah yang melimpah.

Gunung dan gunung

Pegunungan adalah bentang alam yang muncul dari daerah sekitarnya berupa daratan. Suatu daerah dapat disebut gunung jika tingginya ± 610 meter. Pada ketinggian tertentu, pegunungan dapat memiliki lebih dari satu jenis iklim. Mengikuti kurikulum sekolah dasar yang lama, kata “gunung” sering mengacu pada gunung berapi karena biasanya ada dua jenis gunung, gunung aktif dan gunung pasif. Pegunungan adalah lapisan yang muncul dari pegunungan yang terikat secara geologis. Pegunungan umumnya terbentuk melalui proses sederhana akibat aktivitas lempeng tektonik. Selain di bumi, gunung yang terlihat juga telah ditemukan di berbagai planet lain di tata surya.
Baca lebih lanjut: Kerjasama adalah

READ  Perbedaan Dan Contoh "Choose vs Select"

Bukit dan bukit

Bukit adalah suatu bentuk tanah yang permukaan tanahnya lebih besar dari permukaan tanah di sekitarnya. Ketinggian bukit lebih rendah dari gunung yang tingginya mencapai ± 600 meter. Namun, bila tidak ada pengertian umum tentang bukit dan gunung, jumlah bukit dianggap gunung, dll. Sedangkan perbukitan adalah rangkaian bukit yang terhubung dalam suatu wilayah, bukit-bukit yang secara geologis terhubung.

Ngarai atau tebing

Tebing, atau tebing, adalah bentuk batu yang menjulang tegak. Tebing umumnya dipengaruhi oleh erosi. Erosi adalah terjadinya pengikisan benda padat oleh pergerakan angin, air, es, hujan dan oleh gravitasi serta oleh aksi makhluk hidup. Tebing dapat ditemukan di daerah pesisir, pegunungan, dan di sepanjang sungai. Seringkali tebing terbentuk oleh bebatuan yang tahan terhadap perubahan iklim.

tanah Datar

Dataran rendah merupakan bentuk lahan di permukaan bumi berupa daratan yang luas dengan ketinggian ± 200 m di atas permukaan laut. Kata itu dijelaskan di wilayah mana pun yang tidak terdaftar di dataran tinggi. Suhu udara di dataran rendah tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, tetapi juga tidak terlalu panas, biasanya berkisar antara 23-28°C. Keadaan ekonomi penduduk dataran tinggi biasanya lebih makmur daripada penduduk dataran tinggi. Secara iklim, dataran rendah lebih banyak hujan.

Wastafel

Lembah adalah suatu bentuk daratan yang lebih rendah dari permukaan sekitarnya. Secara umum lembah adalah daerah di sekitar pegunungan dengan bentuk memanjang dan dialiri oleh sungai. Lembah bisa mencapai ribuan kilometer persegi. Dalam pertumbuhannya yang disebabkan oleh berbagai peristiwa geografis, lembah dapat tumbuh menjadi jurang dengan tebing terjal.

ngarai

Ngarai adalah bentuk lahan yang berbentuk daerah alami yang mirip dengan lembah tetapi memiliki satu sisi yang hampir tegak lurus dengan permukaan tanah. Bentuk tebing ngarai ini sangat curam. Ngarai ini terbentuk dari lembah yang terus menerus yang telah terkikis oleh pengaruh berbagai peristiwa geografis.

READ  “Donate vs Donating vs Donation” Perbedaan Dan Penjelasan

Sungai, rawa dan danau lake

Sungai, rawa dan danau merupakan bentang alam yang dapat dialiri air.
Baca lebih lanjut: Memahami Sentralisasi

Nama-nama dataran tinggi di Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa nama dataran tinggi di Indonesia, di antaranya sebagai berikut:

Alas dataran tinggi di Aceh
Dataran Tinggi Pasai di Aceh
Dataran Tinggi Batak di Sumatera Utara
Dataran Tinggi Minangkabau di Sumatera Barat
Dataran Tinggi Kerinci di Sumatera Barat
Dataran Tinggi Rejang di Bengkulu
Dataran Tinggi Lebong di Bengkulu
Dataran Tinggi Bukit Barisan di Bengkulu
Dataran Tinggi Cianjur di Jawa Barat
Dataran Tinggi Priangan di Jawa Barat
Dataran Tinggi Sumedang di Jawa Barat
Dataran Tinggi Magelang di Jawa Tengah
Dataran Tinggi Grobo

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/