Pengertian Folder, Fungsi, Cara Membuat Beserta Contoh

Definisi Folder

pengertian-folder

Pengertian folder adalah tempat menyimpan atau juga menampung berbagai file yang ada di komputer, baik itu file data, file dokumen, maupun file sistem. Di perangkat komputer, secara default folder di komputer ditampilkan dengan gambar atau icon kecil berupa folder atau amplop berwarna coklat.

Folder tersebut berisi file-file berupa gambar, teks, angka, video, program, slide dan jenis file lainnya. Jika tidak ada folder, mungkin file yang disimpan di komputer tidak tertata dengan baik dan cenderung mengelompok. Oleh karena itu, penggunaan folder ini dapat membantu mempermudah pengarsipan data.

Mengacu pada pengertian folder, bagi seseorang yang bekerja di bagian atau bidang administrasi, tentunya menggunakan folder menjadi suatu keharusan dalam mengelompokkan dokumen sesuai dengan isinya.

Fungsi Folder di Komputer

Di komputer, folder berfungsi untuk menyimpan file atau dokumen. Ada banyak jenis file dan dokumen yang bisa disimpan di folder, bahkan di folder tersebut juga bisa disimpan di folder lain (sub folder).

Secara umum kegiatan atau kegiatan membuat folder di komputer ini adalah menyimpan file berdasarkan kategori atau tipenya. Kategorisasi folder ini dibuat untuk memudahkan pengguna mencari dan menemukan file atau dokumen yang telah disimpan sebelumnya.

READ  Soal Ulangan Harian Bahasa Inggris Kelas 9 Terbaru

Contoh cara mengkategorikan folder di komputer:

  • Folder foto; secara khusus memuat berbagai macam file foto serta subfolder foto lainnya
  • Folder Video: khusus berisi berbagai macam file video serta sub-folder video lainnya
  • Folder musik; folder yang dibuat khusus untuk file musik (MP3, MIDI, dll.).
  • Folder dokumen: folder yang dibuat khusus untuk menyimpan file aplikasi seperti Word, Excel, Presentasi

Cara Membuat Folder di Komputer

Setelah memahami arti folder dan fungsinya tentunya kita juga perlu mengetahui cara membuat folder di komputer. Di bawah ini adalah cara membuat folder di komputer dengan menggunakan sistem operasi Windows:

1. Buat Folder di Drive Tertentu

  • Langkah pertama adalah masuk ke My Computer, yang bisa dilakukan dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard secara bersamaan
  • Kemudian Tentukan drive atau lokasi tempat kita membuat folder baru (misalnya pilih drive D)
  • Kemudian arahkan kursor ke area kosong di drive D, lalu klik kanan mouse, lalu arahkan kursor ke New> pilih Folder
  • Setelah itu beri nama pada folder yang baru dibuat, atau bisa juga dengan mengganti nama
  • folder tersebut dengan nama yang diinginkan.
  • Folder dibuat

2. Buat Folder di Desktop

Kita bisa membuat folder di desktop. Umumnya pembuatan folder di desktop bertujuan untuk memudahkan dalam membuka file yang sering digunakan sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasukkan drive di komputer. Di bawah ini adalah cara membuat folder di desktop:

  • Setelah menyalakan PC atau laptop, klik kanan pada area kosong di desktop, lalu arahkan kursor ke New> klik Folder
  • Beri nama pada folder yang baru dibuat, folder tersebut juga bisa diganti namanya setelah dibuat
  • Folder dibuat
READ  9 Contoh Ungkapan Rasa Lelah Dalam Bahasa Inggris

Manajemen Data yang Baik dengan Membuat Folder

Bagi sebagian orang, melakukan pengelolaan data dengan membuat folder terkadang masih sulit / malas untuk dilakukan. Apalagi jika ada banyak file yang perlu diarsipkan atau bahkan ada file duplikat, biasanya hal seperti ini akan membingungkan.

Nah, di bawah ini adalah tips pengelolaan data yang baik dalam folder, di antaranya:

1. Menggunakan ekstensi file yang sesuai

Sebaiknya hindari ekstensi file yang tidak bisa dibuka di dua sistem operasi sekaligus, yaitu Linux dan Windows. Misalnya, dalam dokumen word, Anda dapat / dapat menggunakan ekstensi * .doc, dan tidak menggunakan * .odt karena hanya dapat dibuka dengan Open Office saja.

2. Membuat Konsep Penataan

Dengan membedakan setiap file sesuai ekstensinya, masing-masing ekstensi ini dapat / dapat dibuat menjadi folder tersendiri untuk mempermudah pencarian. Dalam hal ini, Anda perlu membuat konsep penataan folder yang tepat untuk dapat mengatur file dalam jumlah besar.

3. Penamaan File dan Folder

Tujuan dari sebuah folder adalah agar dapat mengatur file dengan baik, maka dari itu usahakan untuk selalu membuat nama folder tersebut benar, jelas, tanpa disingkat dan juga tidak terlalu panjang.

4. Pengelompokan File dalam Folder

Meskipun file tertentu memiliki tipe yang sama atau juga berada dalam grup folder, jika file tersebut terdiri dari ekstensi yang berbeda, Anda harus membuat sub folder agar lebih mudah dibaca. Misalnya pada folder X terdiri dari 4 sub folder masing-masing ekstensinya.

5. Gunakan ikon folder unik

Anda dapat mengganti ikon default dengan ikon folder unik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan menyederhanakan pencarian. Misalnya, dalam folder yang berisi file foto, Anda dapat mengganti ikon folder tersebut dengan gambar kamera.

READ  Teluk Adalah : Contoh, Manfaat, Pengertian, Ciri, Perbedaan

6. Hindari file duplikat

Sebaiknya hindari file duplikat karena saat mencari file menggunakan menu pencarian, Anda akan melihat banyak file dengan nama yang sama. Ini tentu saja akan membingungkan karena Anda akan lupa file mana yang terakhir diperbarui.

7. Cadangkan file

Karena kita tidak pernah tahu kapan komputer akan gagal atau bahkan gagal sama sekali, kita harus sering-sering mencadangkan data.

Sekian, dan terima kasih telah membaca tentang memahami folder, fungsi, dan membuat bersama. Semoga apa yang dijelaskan dapat bermanfaat bagi Anda.

Sumber :