Jenis Karakteristik Iklan

7 Karakteristik yang Harus Dimiliki Iklan

Jenis Karakteristik Iklan

Mengetahui ciri-ciri apa yang harus dimiliki sebuah iklan merupakan pemahaman wajib bagi setiap pengiklan. Pasalnya, poin-poin tersebut sangat mempengaruhi hasil kampanye iklan.

Misalnya, saat membuat kampanye Iklan Facebook. Tanpa mengetahui ciri-ciri iklan yang baik, keuntungan yang didapat bisa jadi jauh di bawah biaya pemasangan iklan.

Seperti apa seharusnya tampilan iklan? Simak ulasannya di bawah ini.

7 Karakteristik Utama dari sebuah Iklan

Untuk mencapai tujuannya, ciri-ciri yang harus dimiliki sebuah iklan adalah sebagai berikut:
1. Pesannya Informatif

Iklan merupakan salah satu sarana komunikasi dan informasi. Jadi sebisa mungkin iklan harus menyampaikan informasi yang lengkap dan spesifik.

Isinya tentang apa produk itu, siapa penjualnya, mengapa Anda harus membelinya, dan bagaimana cara mendapatkannya.

Di satu sisi, Anda tidak sedang menulis esai. Tidak perlu lama-lama, yang penting informasi tersampaikan dengan jelas kepada audiens.
2. Gunakan Kata-kata Persuasif

Menurut KBBI, istilah “persuasif” mengacu pada ajakan atau bujukan yang halus. Tujuannya adalah untuk membuat orang merasa lebih percaya diri tentang sesuatu.

Intinya, iklan tidak boleh terlalu datar atau terlalu memaksa. Kata-kata persuasif adalah pilihan yang paling tepat.

Pengiklan biasanya melakukan ini dengan menciptakan kebutuhan untuk membuat orang tertarik untuk membeli.
ciri-ciri yang harus dimiliki oleh sebuah iklan adalahSumber: Instagram/kredivo

Contoh iklan Kredivo di atas sama sekali tidak memaksa, namun tawarannya sangat menggiurkan.

Baca Juga: Contoh Bid Ads

3. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Bahasa merupakan elemen penting dalam komunikasi. Jadi, sebuah iklan harus menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh audiens target.

READ  Download Game PPSSPP: Tanpa Ribet Bawa Konsol Kesana

Bagaimana orang bisa membeli jika mereka tidak mengerti iklannya?

Tidak apa-apa untuk tidak menggunakan bahasa baku, selama masyarakat umum masih bisa memahaminya.
ciri-ciri yang harus dimiliki oleh sebuah iklan adalah Bokis = Kebohongan (Sumber : FB/Sprite)

Pikirkan bagaimana pesan penting dalam promosi dapat tersampaikan dengan baik.

Pada titik ini, kuncinya adalah memahami siapa audiensnya. Itulah mengapa penelitian sangat penting sebelum memulai kampanye iklan.
4. Iklan Dikemas Menarik

Selanjutnya ciri-ciri yang harus dimiliki oleh sebuah iklan adalah atraktif. Artinya iklan harus mampu mencuri perhatian masyarakat luas.

Setidaknya mereka tertarik terlebih dahulu untuk membaca, melihat atau mendengarkan iklan tersebut.

Hal-hal yang dapat didandani untuk membuat iklan yang menarik antara lain tampilan visual, headline, jargon, penawaran khusus, dan sebagainya.

Menurut studi tahun 2017 oleh comScore, iklan berdurasi pendek, 5 hingga 6 detik, lebih efektif untuk menarik perhatian generasi saat ini.

5. Mengikuti Proses Seleksi Konsumen

Masih terkait dengan poin sebelumnya, dimana hasil kampanye iklan bergantung pada pilihan konsumen.

Dalam periklanan, pengiklan tidak dapat mengontrol bagaimana orang bereaksi terhadap iklan mereka. Mau beli atau tidak itu hak mereka.

Sekalipun iklannya sangat menarik, penonton juga tidak wajib untuk memperhatikannya.

Kesimpulannya, seberapa efisien kampanye iklan tergantung pada proses pemilihan konsumen.
6. Disalurkan Melalui Media Massa

Terakhir, ciri keenam adalah penyebaran iklan melalui media massa, baik cetak, elektronik maupun internet.

Garis bawahi media massa, artinya pengiklan membutuhkan sarana untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Ini merupakan syarat mutlak agar iklan dapat mencapai targetnya.

Tempat untuk memasang iklan berdasarkan media seperti koran, majalah, billboard, televisi, media sosial, metaverse, dan lain-lain.
ciri-ciri yang harus dimiliki oleh sebuah iklan adalahSumber : themarketingbirds.com

READ  Cara Login WhatsApp dengan Nomor yang Sudah Hangus

Baca Juga : Jenis Iklan

7. Alat Komunikasi Berbayar

Dalam strategi pemasaran, iklan merupakan salah satu alat komunikasi berbayar.

Pengiklan harus membayar untuk menargetkan individu yang mereka inginkan.

Inilah perbedaan antara penjualan pribadi melalui status WhatsApp dan iklan melalui media massa. Ada biaya untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Biaya pemasangan iklan di setiap media berbeda-beda, tergantung tempat dan kemampuan menjangkaunya.

Para ahli menyarankan usaha kecil menghabiskan 7-8% dari pendapatan kotor untuk iklan.

Kesimpulan

Setiap karakteristik yang harus dimiliki iklan adalah elemen wajib. Jika bahkan satu poin hilang, maka esensinya mungkin berubah.

Iklan bersifat informatif, persuasif, menarik, dipublikasikan di media massa, dan berbayar. Hasil akhirnya juga tergantung pada respon konsumen. Pahami semua hal ini sebelum memulai kampanye iklan Anda.

Sumber :