Contoh Explanation Text Tentang Gerhana Matahari

Teks Penjelasan: Terjadinya ‘gerhana matahari’ dalam bahasa Inggris dengan arti lengkapnya

contoh-explanation-gerhana

Explanation adalah teks dalam bahasa Inggris yang menjelaskan terjadinya suatu hal atau peristiwa, dalam bahasa Inggris, Explanation text adalah teks non-fiksi yang menggambarkan suatu proses, misalnya: siklus air, bagaimana lebah membuat madu atau bagaimana mobil dibuat. Pada materi sebelumnya juga telah dijelaskan secara lengkap tentang teks eksplanasi dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh lengkap dalam bahasa Inggris tentang gerhana dan arti lengkapnya.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Meski Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya dari Matahari sepenuhnya karena Bulan yang jarak rata-ratanya 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat daripada Matahari yang memiliki jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Daftar Isi

  • 1 jenis gerhana matahari
  • 2 Amati gerhana matahari
  • 3 tampilan juga
  • 4 referensi
  • 5 tautan eksternal

Jenis-jenis gerhana matahari
Gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
Gerhana total, terjadi saat puncak gerhana, piringan matahari tertutup seluruhnya oleh piringan bulan. Saat itu, piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan itu sendiri berbeda-beda tergantung masing-masing Bumi-Matahari-Bulan dan Bumi.
Gerhana sebagian, terjadi ketika piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian piringan matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian piringan matahari yang tidak tertutup piringan bulan.
Ring, Gerhana terjadi ketika piringan bulan (saat puncak gerhana) baru saja menutup sebagian dari piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi ketika ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. Jadi ketika piringan Bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, terletak di sekitar piringan Bulan dan terlihat seperti cincin api.
Gerhana hibrida, Gerhana total dan bergeser di antara cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan di titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang terjadi.
Mengamati gerhana matahari
Gerhana Matahari 1999 di Prancis
Melihat langsung ke Matahari-fotosfer (bagian dari cincin cahaya dari Matahari) bisa berbahaya, karena berada dalam kerusakan permanen pada retina mata akibat radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Penggunaan kacamata untuk menyaksikan gerhana kurang aman karena tidak menyaring radiasi infra merah yang dapat merusak retina mata. Karena kedekatan peredaran Bumi mengelilingi Matahari, gerhana matahari tidak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit dan 58 detik, sehingga pengamatan harus dilakukan sesegera mungkin.

READ  “Donate vs Donating vs Donation” Perbedaan Dan Penjelasan

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara Bumi dan Matahari. sehingga menghalangi sebagian atau seluruh sinar matahari. Meski Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu sepenuhnya melindungi cahaya Matahari karena Bulan yang berjarak rata-rata 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat daripada Matahari yang memiliki jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Daftar Isi

  • 1 Jenis gerhana matahari
  • 2 Mengamati gerhana matahari
  • 3 Lihat juga
  • 4 Referensi
  • 5 tautan eksternal

Jenis-jenis gerhana matahari

Gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

Gerhana total terjadi ketika pada puncak gerhana, piringan Matahari tertutup seluruhnya oleh piringan Bulan. Pada saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan itu sendiri bervariasi tergantung pada jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
Gerhana sebagian terjadi ketika piringan Bulan (pada puncak gerhana) hanya menutupi sebagian piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian piringan Matahari yang tidak tertutup piringan Bulan.
Gerhana cincin terjadi ketika piringan Bulan (pada puncak gerhana) hanya menutupi sebagian piringan Matahari. Jenis gerhana ini terjadi ketika piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup piringan Bulan, mengelilingi piringan Bulan dan tampak seperti cincin bercahaya.

Gerhana matahari hibrida, pergantian antara gerhana matahari total dan cincin. Di titik-titik tertentu di permukaan bumi, gerhana matahari ini muncul sebagai gerhana matahari total, sedangkan di titik-titik lain muncul sebagai gerhana matahari cincin. Gerhana hibrida relatif jarang terjadi.

Saksikan gerhana matahari
Gerhana matahari 1999 di Prancis

Melihat langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang matahari) bisa berbahaya karena merusak retina mata secara permanen karena tingginya tingkat radiasi tak terlihat yang dipancarkan oleh fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat menyebabkan kebutaan. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau metode pengamatan tidak langsung. Menggunakan kacamata untuk mengamati gerhana matahari tidak aman karena tidak menyaring radiasi infra merah yang dapat merusak retina mata. Karena rotasi bumi yang cepat mengelilingi matahari, gerhana matahari tidak dapat berlangsung lebih lama dari 7 menit dan 58 detik, sehingga pengamatan harus dilakukan sesegera mungkin.

READ  Linking Verb : Materi, Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh

Sumber :