Cara Koneksi Wi-Fi ke komputer

Cara Koneksi Wi-Fi ke komputer

Cara-Koneksi-Wi-Fi-ke-komputer

Koneksi internet broadband dan modem

Koneksi internet broadband adalah koneksi internet berkecepatan tinggi. Digital Subscriber Line (DSL) dan kabel adalah dua koneksi broadband yang paling umum.

Anda bisa mendapatkan koneksi broadband dengan menghubungi penyedia layanan Internet (ISP) Anda. Biasanya, ISP yang menyediakan DSL adalah perusahaan telepon dan ISP yang menyediakan kabel adalah perusahaan TV kabel. ISP sering kali menawarkan modem broadband. Beberapa ISP juga menawarkan kombinasi modem / router nirkabel. Anda juga dapat menemukannya di toko komputer atau elektronik, dan online. Router nirkabel. Router mengirimkan info antara jaringan Anda dan Internet. Dengan router nirkabel, Anda dapat menghubungkan PC ke jaringan Anda menggunakan sinyal radio, bukan kabel. Ada beberapa jenis teknologi jaringan nirkabel, yang meliputi 802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11n, dan 802.11ac. Adaptor jaringan nirkabel. Adaptor jaringan nirkabel adalah perangkat yang menghubungkan PC Anda ke jaringan nirkabel.

Untuk menyambungkan PC portabel atau desktop ke jaringan nirkabel Anda, PC harus memiliki adaptor jaringan nirkabel. Sebagian besar laptop dan tablet – dan beberapa PC desktop – dilengkapi dengan adaptor jaringan nirkabel yang sudah diinstal sebelumnya. Untuk memeriksa apakah PC Anda memiliki adaptor jaringan nirkabel: Pilih tombol Start, ketik device manager di kotak pencarian, lalu pilih Device Manager. Perluas adaptor Jaringan. Cari adaptor jaringan yang mungkin memiliki nama nirkabel. Menyiapkan modem dan koneksi internet Setelah Anda memiliki semua peralatan, Anda perlu mengatur modem dan koneksi Internet Anda. Jika modem Anda tidak diatur untuk Anda oleh penyedia layanan Internet (ISP), ikuti petunjuk yang disertakan dengan modem Anda untuk menghubungkannya ke PC dan Internet.

Jika Anda menggunakan Digital Subscriber Line (DSL), hubungkan modem Anda ke soket telepon di dinding. Jika Anda menggunakan kabel, hubungkan modem Anda ke konektor kabel. Memosisikan perute nirkabel Tempatkan perute nirkabel Anda di suatu tempat yang akan menerima sinyal terkuat dengan gangguan minimal. Untuk hasil yang lebih baik, ikuti tip berikut: Tempatkan router nirkabel Anda di lokasi pusat. Tempatkan router sedekat mungkin dengan pusat rumah Anda untuk meningkatkan kekuatan sinyal nirkabel di seluruh rumah Anda.

Posisikan router nirkabel dari lantai dan jauh dari dinding dan benda logam, seperti lemari arsip logam. Semakin sedikit penghalang fisik antara PC dan sinyal router Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan menggunakan kekuatan sinyal router secara penuh. Kurangi gangguan. Beberapa peralatan jaringan menggunakan frekuensi radio 2,4 gigahertz (GHz). Ini adalah frekuensi yang sama seperti kebanyakan gelombang mikro dan banyak telepon nirkabel.

Jika Anda menyalakan microwave atau menerima panggilan nirkabel, sinyal nirkabel Anda mungkin terputus untuk sementara. Anda dapat menghindari sebagian besar masalah ini dengan menggunakan telepon nirkabel dengan frekuensi yang lebih tinggi, seperti 5,8 GHz. Mengamankan jaringan nirkabel Anda Keamanan selalu penting;

Dengan jaringan nirkabel

ini menjadi lebih penting karena sinyal jaringan Anda dapat disiarkan di luar rumah. Jika tidak membantu mengamankan jaringan Anda, orang yang memiliki komputer di sekitar dapat mengakses informasi yang disimpan di komputer jaringan dan menggunakan koneksi internet Anda. Untuk membantu membuat jaringan Anda lebih aman: Ubah nama pengguna dan kata sandi default. Ini membantu melindungi router Anda.

Sebagian besar produsen router memiliki nama pengguna dan kata sandi default di router mereka dan nama jaringan default (juga dikenal sebagai SSID). Siapa pun dapat menggunakan informasi ini untuk mengakses router Anda tanpa sepengetahuan Anda. Untuk menghindarinya, ubah nama pengguna dan kata sandi default router Anda. Lihat dokumentasi perangkat Anda untuk instruksi. Siapkan kunci keamanan (kata sandi) untuk jaringan Anda. Jaringan nirkabel berisi kunci keamanan jaringan untuk membantu melindunginya dari akses yang tidak sah. Kami merekomendasikan penggunaan Wi-Fi Protected Access Security 2 (WPA2) jika router Anda mendukungnya.

Lihat dokumentasi router Anda untuk informasi lebih rinci, termasuk jenis keamanan yang didukung dan cara mengatur. Beberapa router mendukung Wi-Fi Protected Setup (WPS). Jika router Anda mendukung WPS dan terhubung ke jaringan, ikuti langkah-langkah berikut untuk menyiapkan kunci keamanan jaringan: Pilih tombol Start, mulai ketik Network and Sharing Center, lalu pilih dari daftar. Pilih Siapkan koneksi atau jaringan baru. Pilih Siapkan jaringan baru, lalu pilih Berikutnya. Wizard akan memandu Anda membuat nama jaringan dan kunci keamanan.

Jika router Anda mendukungnya, prosesor akan default ke Wi-Fi Protected Access Security (WPA atau WPA2). Kami merekomendasikan WPA2, karena memberikan keamanan yang lebih baik daripada keamanan WPA atau Wired Equivalent Privacy (WEP). Dengan WPA2 atau WPA, Anda juga dapat menggunakan frasa sandi, jadi Anda tidak perlu mengingat urutan huruf dan angka yang dienkripsi. Catat kunci keamanan dan simpan di tempat yang aman. Anda juga dapat menyimpan kunci keamanan ke flash drive USB dengan mengikuti petunjuk di wizard.

(Menyimpan kunci keamanan ke flash drive USB tersedia di Windows 8 dan Windows 7, tetapi tidak di Windows 10.) Gunakan firewall. Firewall adalah bagian dari perangkat keras atau perangkat lunak yang dapat membantu melindungi komputer Anda dari pengguna yang tidak sah atau perangkat lunak berbahaya (malware). Menjalankan firewall di setiap komputer di jaringan Anda dapat membantu mengontrol penyebaran malware di jaringan Anda dan membantu melindungi komputer Anda saat tersambung ke Internet.

Windows Firewall disertakan dalam versi Windows ini. Sambungkan komputer ke jaringan nirkabel Anda, pilih jaringan atau ikon di area notifikasi, di menu Jaringan, pilih jaringan yang ingin Anda sambungkan, lalu pilih Sambungkan. Ketikkan kunci keamanan (sering disebut kata sandi). Ikuti petunjuk tambahan apa pun, jika ada. Jika Anda mengalami masalah dengan jaringan Wi-Fi saat menggunakan Windows 10, lihat Memperbaiki masalah Wi-Fi di Windows 10 untuk informasi pemecahan masalah tingkat lanjut.

Baca Juga :