Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Offline dan Online

Cara Pindah Fasilitas BPJS Kesehatan Secara Online Tanpa Rumit Kantor BPJS!

cara-faskes-bpjs

Memindahkan fasilitas kesehatan BPJS sangat mudah jika dilakukan secara online. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit melalui aplikasi JKN Mobile, Anda dapat langsung berpindah lokasi fasilitas kesehatan Anda ke puskesmas atau klinik terdekat.

Hal ini berbeda ketika mencoba untuk beralih fasilitas kesehatan BPJS secara offline karena Anda harus membawa beberapa file pendukung seperti fotokopi KTP, kartu BPJS, dll.

Jika dulu Jaka pernah memberikan panduan cara daftar BPJS Kesehatan secara online, kini Jaka akan menunjukkan cara pindah fasilitas BPJS Kesehatan dengan cepat dan mudah.

Apa itu fasilitas kesehatan BPJS?

Fasilitas kesehatan (faskes) BPJS merupakan lokasi berobat yang harus dipilih oleh peserta BPJS kesehatan saat mendaftar program.

Ada 3 tingkatan fasilitas kesehatan di BPJS Kesehatan, yaitu:

  • Fasilitas kesehatan tingkat pertama (Faskes I): pelayanan kesehatan dasar yang diberikan oleh puskesmas, klinik atau dokter umum. Disebut juga perawatan medis dasar.
  • Institusi Kesehatan Tingkat II (Faskes II): pelayanan kesehatan khusus yang diberikan oleh dokter spesialis atau dokter gigi.
  • Fasilitas Kesehatan Lanjutan (FKRTL): 1. Klinik Utama atau sederajat, 2. Rumah Sakit Umum, 3. Rumah Sakit Khusus.

Peserta BPJS dapat memilih sendiri apakah ingin berobat di fasilitas kesehatan manapun I. Nama fasilitas kesehatan selalu tertera pada kartu BPJS setiap peserta.

READ  11 Potret Lawas Artis Wanita Indonesia Saat Masih SD

Fasilitas kesehatan inilah yang perlu dihubungi terlebih dahulu jika peserta sakit, kecuali dalam keadaan darurat.

Persoalannya, tak jarang peserta pindah ke luar kota atau bahkan provinsi, sehingga mengharuskan mereka mengganti fasilitas kesehatan tingkat 1 di dekat tempat tinggal baru mereka.

Tapi jangan khawatir, Jaka sudah punya solusinya! Silahkan baca ulasan berikut untuk langkah selanjutnya.

Cara pindah fasilitas BPJS kesehatan secara online

Jaka akan memberikan panduan pemindahan fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan Level 1 secara online. Panduan ini dibuat sangat singkat dan sederhana karena Anda tidak perlu mengurus berkas di kantor BPJS secara manual, yang tentunya sangat rumit.

Secara garis besar, ada 3 langkah utama yang harus dilakukan untuk mewujudkan fasilitas kesehatan BPJS secara online, yaitu:

  • Unduh dan instal Aplikasi Seluler JKN.
  • Daftar dan buat akun dengan Mobile JKN.
  • Siarkan data fasilitas kesehatan terkini melalui Mobile JKN.

Sumber :