Cara Cek PIP 2022: Bantuan Tunai Untuk Siswa SD, SMP, SMA/Profesional

Cara Cek PIP 2022 merupakan informasi penting untuk diketahui, khususnya bagi pelajar Indonesia. Pasalnya, pemerintah telah mengucurkan dana PIP ini kepada jutaan siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Cara Cek PIP 2022: Bantuan Tunai Untuk Siswa SD, SMP, SMA/Profesional

PIP sendiri merupakan kerjasama tiga kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Cara-Cek-PIP-2022-Bantuan-Tunai-Untuk-Siswa-SD,-SMP,-SMAProfesional

PIP bertujuan untuk membantu anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan/prioritas untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai mereka menyelesaikan pendidikan menengah, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.

Nah, buat kamu yang termasuk dalam grup ini dan belum tahu cara cek PIP 2022, Jaka punya informasinya di sini. Simak ulasan dan langkah-langkah review PIP 2022 di bawah ini.

DAFTAR ISI

Tentang PIP 2022
Cara Cek Program Indonesia Pintar (PIP) 2022
Cara menarik dana PIP 2022
Jenis siswa yang menerima bantuan dari dana PIP 2022

Tentang PIP 2022

Tentang PIP 2022 E1d88
Sumber foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah pemberian dana pendidikan pemerintah kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga kurang mampu. Program ini berjalan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Penerima bantuan PIP juga dapat mencakup pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), anak yatim, penyandang disabilitas dan korban bencana alam/bencana, geng.

Program ini bertujuan untuk mencegah siswa putus sekolah. PIP juga diharapkan dapat menarik minat para lulusan sekolah dasar untuk melanjutkan pendidikan.

READ  Pemikiran desain: definisi, keunggulan, dan contoh aplikasi

Semua siswa dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMP, SMA hingga SMK, berhak mengikuti Program Indonesia Pintar (PIP) dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah dan sekolah.

Namun, nama siswa harus dicantumkan pada urutan sesuai level yang ditetapkan agar memenuhi syarat untuk Beasiswa PIP. Penerima PIP atau BLT untuk anak sekolah harus akurat.

Dana PIP dapat digunakan untuk menutupi pengeluaran pribadi siswa seperti: B. pembelian materi sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, tambahan biaya latihan dan biaya tes profisiensi.
Cara Cek Program Indonesia Pintar (PIP) 2022
Cara Cek Program Indonesia Pintar PIP 2022 74346
Sumber foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hingga artikel ini diterbitkan, lebih dari 7,7 juta siswa SD, SMP, SMA, dan SMK telah menerima dana PIP. Jika Anda merasa berhak atas dana tersebut, Anda dapat mendengarkan cara memeriksa PIP yang dilikuidasi.

Sama halnya dengan verifikasi NISN siswa menggunakan aplikasi, langkah verifikasi PIP 2022 sangat mudah dilakukan. Berikut tutorial sederhana cek dana PIP yang bisa diikuti di bawah ini.

Buka browser dan kunjungi website pip.kemdikbud.go.id.
Pilih menu Periksa Penerima PIP.
Isi kolom NISN, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Lahir.
Klik tombol Cari.

Besaran dana PIP yang diterima siswa SD, SMP, dan SMA/SMK bervariasi. Berikut informasinya:

SD/MI/Paket A: Rp 450.000/tahun.
SMP/MTs/Paket B: Rp 750.000/tahun.
SMA/SMK/MA/Paket C: Rp 1.000.000/tahun.

Cara menarik dana PIP 2022
Cara mencairkan Dana PIP 2022 Dc554
Sumber foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Penyaluran atau pencairan dana dari Program Indonesia Pintar (PIP) dapat dilakukan secara individu maupun kolektif. Penarikan dapat dilakukan apabila pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) menunjukkan bukti yang sah kepada bank penyalur yang ditunjuk pemerintah.

READ  BIO WhatsApp Keren, Aesthetic dan Semua Bahasa

Berikut cara mudah mencari dana Program Indonesia Pintar (PIP):

Siswa atau orang tua siswa melaporkan nomor KIP ke sekolah atau lembaga pendidikan terkait.
Sekolah memasukkan nomor KIP siswa ke layanan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (lembaga lain ke dinas pendidikan setempat).
Dinas Pendidikan setempat menerima data usulan dari instansi terkait.
Data tersebut akan diproses kembali untuk diverifikasi oleh Direktorat Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lembaga pendanaan akan menerima instruksi tentang cara membuat akun PIP siswa.
Dana dicairkan ketika daftar penerima PIP disetujui.
Badan pendanaan mengeluarkan kompensasi

Lihat juga :

Snaptik