7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget,

7 cara memutus ketergantungan pada gadget, komputer dan smartphone (Android/iOS iPhone) untuk pekerjaan dengan gadget

7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget,

Sedikit pusing memikirkan solusi kecanduan gadget (komputer, smartphone) saat bekerja 8 jam sehari yang membutuhkan penggunaan komputer atau smartphone?

Jika Anda ingin mencari video motivasi di YouTube, ada banyak saluran yang menawarkan berbagai cara untuk mengurangi kecanduan komputer, ponsel, dan internet, terutama media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Tapi video motivasi saja tidak cukup. Apalagi jika Anda benar-benar bekerja di industri teknologi, mis. B.sebagai pemrogram. Atau blogger tekno. Atau seorang penulis, jurnalis digital. Atau internet marketer. Atau youtuber. Atau atau yang lain.

Apa pun akar utama kecanduan Anda, entah itu kecanduan media sosial, browsing yang tidak jelas, berdebat tentang politik (pemilu) dan agama di grup Facebook, membaca cerita wattpad yang tidak berguna, menonton video Atta Halilintar yang diunggah setiap hari, menonton anime catpoi atau bahkan membaca komik dan meme renyah di 1cak – Anda dapat dengan mudah menghentikan kecanduan apa pun bahkan bekerja dengan gadget 24/7.

*Artikel ini menjelaskan berbagai cara untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi ketergantungan pada gadget (komputer/smartphone) dengan sistem operasi yang berbeda (PC Windows, Android, iOS) yang Anda gunakan setiap hari.

Lewati ke:

Atasi Kecanduan iPhone/iPad (iOS 12) dengan Durasi Layar (Tanpa Kontrol Orang Tua)
Durasi Layar di iPhone/iPad dengan Kontrol Orang Tua
Aplikasi iPhone/iPad yang Berguna Selain Waktu Layar untuk Menghentikan Ketergantungan
Mengatasi kecanduan smartphone Android
Ingin lebih ekstrem? Gunakan Flipd (Android/iPhone)
Dengan Windows 10 PC
Dengan Mac

READ  Trading Saham Halal atau Haram? Begini Penjelasan

#1 iPhone/iPad (iOS 12) Atasi Ketergantungan dengan Durasi Layar (Tanpa Kontrol Orang Tua)

Untuk mengurangi kebiasaan browsing yang tidak jelas atau membuka Facebook di iPhone/iPad terlalu lama, disarankan untuk menggunakan iOS 12.

Mengapa?

iOS 12 memiliki fitur yang disebut Waktu Layar. Fitur ini berguna untuk melacak penggunaan aplikasi dan berapa lama Anda telah menggunakannya di iPhone.

Meskipun ada sejumlah aplikasi dengan fungsi yang sama di App Store, Durasi Layar mungkin lebih baik bagi pengguna yang menginginkan fitur gratis, bebas iklan, dan tentu saja cukup bagus. Dan nyatanya, screen time sudah cukup bagi saya.

Durasi Layar tidak hanya melacak waktu penggunaan aplikasi iPhone, tetapi juga mencegah aplikasi digunakan lebih lama dari waktu yang Anda tetapkan. Artinya, jika Anda ingin mengurangi kecanduan Facebook, Anda dapat mengatur waktu penggunaan maksimum, mis. B.hanya 15 menit.

Jika Facebook terbuka selama lebih dari 15 menit, Anda tidak dapat lagi menggunakan Facebook – baik di Safari maupun di aplikasi Facebook. Kemudian Waktu Layar menampilkan pesan Batas waktu: Anda telah mencapai batas Anda di facebook.com.

mengurangi kecanduan

Fitur ini sangat berguna bagi sebagian pengguna. Anda tidak hanya dapat memblokir atau membatasi penggunaan aplikasi, tetapi juga situs web. Misalnya 1cak.com. Jika waktu tertentu terlampaui, pesan serupa akan muncul.

kecanduan internet

Batasi juga waktu di aplikasi YouTube. Atau di Instagram.

Lalu bagaimana jika ada keadaan darurat dimana Anda harus membuka aplikasi/website saat limit sudah tercapai? Anda dapat mengklik batas abaikan untuk terus menggunakan aplikasi/situs web.

Untuk menggunakan Durasi Layar dan membatasi waktu Anda menggunakan aplikasi, buka Pengaturan > Durasi Layar.

READ  Ogah Dicap Anak Metal, Grup Band D'Masiv Hingga Kangen

Kecanduan Media Sosial

Buka Batas Aplikasi untuk membatasi. Tambahkan batas dan pilih aplikasi yang ingin Anda batasi penggunaannya. Screen Time biasanya mengkategorikan aplikasi untuk memudahkan pengguna menambahkan batasan.

kecanduan iPhone

Tekan di bagian atas di sebelah nama iPhone untuk melihat berapa lama Anda telah menggunakan iPhone dan berbagai aplikasi/situs web di dalamnya. Berapa kali Anda membuka iPhone untuk melihat statistik jumlah notifikasi yang ditampilkan.

kecanduan android

Screen Time di iPhone sangat berguna bagi pengguna yang ingin memutus kecanduan smartphone, terutama kecanduan melihat foto selebriti di Instagram hingga kecanduan berdebat tentang berudu dan bajingan di grup Facebook.
#2 Durasi Layar di iPhone/iPad dengan Kontrol Orang Tua

Screen time pada poin sebelumnya hanya berlaku jika Anda adalah orang tua atau seseorang yang lebih suka belajar mengendalikan diri saat menggunakan iPhone.

Sumber :