5 pekerjaan digital populer di masa depan

Presiden Joko Widodo mengindikasikan bahwa negara akan membutuhkan sekitar 9 juta profesional TI selama 15 tahun ke depan. Tingginya permintaan akan tenaga ahli IT merupakan efek domino dari rencana untuk memperkenalkan transformasi digital di Indonesia. Oleh karena itu, kebutuhan akan profesi di bidang ini tentu akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Jika Anda tertarik dengan teknologi, berikut 5 jenis profesi digital yang bisa Anda pertimbangkan yang akan populer di masa depan.

5-pekerjaan-digital-populer-di-masa-depan
1. Pendiri Digital Pioneer

Indonesia sudah memiliki perusahaan unicorn yang dirintis oleh anak negeri

, seperti Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Keberhasilan ketiga startup ini bisa memotivasi anak muda untuk mengambil langkah yang sama. Apalagi, saat ini Indonesia sedang memasuki fase transformasi digital. Oleh karena itu, ada banyak cara untuk mengembangkan bisnis di ruang digital.

Bersama dengan dinamisme pengenalan transformasi digital, kini Anda dapat memulai perusahaan startup digital! Anda bisa memulainya dengan melakukan survei dan mengidentifikasi kebutuhan pasar. Bukan tidak mungkin, kamu bisa menjadi Nadiem Makarim atau Achmad Zacky selanjutnya!

2. Spesialis kecerdasan buatan

Profesi spesialis kecerdasan buatan juga akan sangat diminati di masa depan. Hal ini terkait dengan rencana transformasi digital di Indonesia. Kita harus tahu bahwa AI atau kecerdasan buatan adalah salah satu teknologi kunci dari transformasi digital.

Oleh karena itu, negara ini membutuhkan pakar TI yang memiliki komando teknologi AI yang ditargetkan. Tugas utama spesialis kecerdasan buatan adalah melakukan simulasi kognitif dan membuat program sehingga mesin dapat berpikir. Karena Indonesia saat ini tidak memiliki banyak talenta di bidang AI, profesi dengan tawaran gaji yang menggiurkan ini pasti akan banyak diminati!
3. Ilmuwan Data

READ  Pengertian Sholat Jumat, Syarat, Tata Cara

Untuk mengolah data operasional, sebuah perusahaan atau perusahaan membutuhkan data scientist yang handal. Nantinya data scientist ini akan mengumpulkan, mengolah dan menganalisis berbagai jenis data sehingga tercipta suatu pola. Data ini kemudian digunakan sebagai panduan untuk memprediksi tren pasar. Organisasi dapat langsung memutuskan langkah apa yang harus diambil berdasarkan rekomendasi dari data ilmuwan.

Seiring berkembangnya bisnis digital, kebutuhan data scientist juga akan meningkat pesat. Alasannya, data scientist ini bisa mengolah banyak data dalam waktu singkat agar bisa beradaptasi dengan ritme pasar yang dinamis.

4. Insinyur tumpukan penuh

Sejauh ini, para pengembang yang memiliki keahlian telah bekerja sama dengan para pengembang yang memiliki keahlian dalam membuat perangkat lunak. Oleh karena itu, full-stack engineer akan sangat dibutuhkan karena mereka mahir dalam banyak bahasa pemrograman.

Dengan kata lain, tugas yang dulunya membutuhkan banyak pengembang kini dapat dilakukan hanya oleh satu full-stack engineer. Full Stack Engineer dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Di sisi lain, full-stack engineer juga mendapatkan gaji yang tinggi.

5. Pengembang aplikasi

Pengembang aplikasi juga merupakan jenis pekerjaan yang akan banyak diminati di tahun-tahun mendatang. Saat memasuki era digital, Anda akan menemukan beberapa jenis aplikasi yang memudahkan kehidupan manusia. Mulai dari aplikasi untuk manajemen keuangan, aplikasi untuk latihan telah dikembangkan hingga aplikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja. Semua aplikasi ini dibuat oleh pengembang aplikasi.

Kedepannya, pengembang aplikasi pasti akan sangat dibutuhkan mengingat masyarakat mulai beralih dari offline ke online. Dengan demikian, kebutuhan akan aplikasi meningkat. Banyak juga aplikasi yang bisa dikembangkan karena tidak terbatas pada satu lini bisnis saja.

READ  Pengertian Sholat Jumat, Syarat, Tata Cara

Padahal, masih banyak lagi profesi yang akan populer di masa depan. Anda perlahan-lahan dapat menemukan apa yang menarik minat Anda. Hanya dengan begitu Anda dapat mengetahui apakah pekerjaan itu adalah pekerjaan yang benar-benar dibutuhkan dunia.

LIHAT JUGA :

https://liga-indonesia.id/nomor-bot-stiker-wa/
https://jurubicara.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://jurubicara.id/vive-le-football-apk/
https://jurubicara.id/mutualan-telegram/
https://jurubicara.id/dls-2021-mod-apk/
https://jurubicara.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://www.chip.co.id/lightroom-mod-apk/
https://www.chip.co.id/codashop-pro-apk/
https://www.chip.co.id/among-us-mod-apk/
https://www.chip.co.id/pubg-mobile-mod-apk/
https://www.chip.co.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/ssstiktok/
https://psyline.id/ff-max-apk/
https://psyline.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.i4startup.id/setvsel-apk/
https://t.me/belajarngeblogbareng/45
https://kricom.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://kricom.id/ff-max-apk/
https://jurubicara.id/instander-apk/